PENGARUH GAYA BELAJAR SISWA, PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI

Heni Dwi Lestari, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi Siswa Kelas XI Akuntansi di SMK Negeri 1 Jogonalan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitaif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan Gaya Belajar Siswa dan Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Komputer Akuntansi dengan Ry(1,2)= 0,5146; R2y(1,2)= 0,2648 ; Fhitung = 18,546 > Ftabel = 3,931 dengan taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Gaya Belajar Siswa sebesar 41, 297% dan Sumbangan Efektif sebesar 10, 935%. Sumbangan Relatif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru sebesar  58,703% dan Sumbangan Efektif sebesar 15, 545%.

 

Kata kunci: Gaya Belajar Siswa, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Prestasi Belajar Komputer Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.