PENGARUH MOTIVASI BELAJAR KREATIVITAS BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, 2) Pengaruh Kreativitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, 3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, dan 4) Pengaruh Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Subyek pada penelitian ini adalah seluruh Siswa Kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Tempel Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 94 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah Pengaruh Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya secara individu dan bersama-sama berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx1y = 0,424; r2x1y = 0,180; nilai rx2y = 0,604; r2x2y = 0,365; nilai rx3y = 0,361; r2x3y = 0,130; nilai Ry(123) = 0,670; R2y(123) = 0,449 dengan total sumbangan efektif 30,24%.
Kata kunci: Motivasi Belajar, Kreativitas Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.