IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) Aktivitas Belajar Akuntansi; (2) Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017 melalui implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dapat: (1) meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017. Skor rata-rata Aktivitas Belajar Akuntansi meningkat sebesar 13,12% dari skor rata-rata siklus I sebesar 73,97% menjadi 87,09% pada siklus II. (2) Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Ma’arif 1 Temon Tahun Ajaran 2016/2017 Skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi meningkat sebesar 8,02% siklus I sebesar 71,17 menjadi 79,19% pada siklus II.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray, Aktivitas Belajar Akuntansi, Motivasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.