PENGARUH MINAT BELAJAR, TINGKAT KEDISIPLINAN BELAJAR, TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII SMA N 1 Sedayu tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas, linieritas dan multikolinieritas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx1y=0,489; thitung=5,911>ttabel=1,981; r2x1y=0,239; terdapat pengaruh positif dan signifikan Tingkat Kedisiplinan Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx2y=0,374; thitung=4,244>ttabel=1,981; r2x2y=0,140; terdapat pengaruh positif dan signifikan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx3y=0,394; thitung=4,510>ttabel=1,981; r2x3y=0,155; terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, dan Teman Sebaya secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan Ry(1,2,3)=0,509; Fhitung=12,712>Ftabel=2,455; R2y(1,2,3)=0,245.
Kata kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Minat Belajar, Tingkat Kedisiplinan Belajar, Teman Sebaya
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.