PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA, KINERJA MENGAJAR GURU, PERHATIAN ORANG TUA, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

Guntari Awit Pramulia,
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang Siswa Kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman Tahun Ajaran 2016/2017 sejumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif  Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Teman Sebaya secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang dengan rx1y = 0,536; r2x1y= 0,287; thitung (3,588)> ttabel (2,045), rx2y = 0,634; r2x2y = 0,403; thitung (4,644) > ttabel (2,045); rx3y = 0,345; r2x3y = 0,119; thitung (2,077) > ttabel (2,045); rx4y  = 0,357; r2x4y = 0,128; thitung (2,164)> ttabel (2,045);   = 0,644,  = 0,415,  = 5,149 >  = 2,701.

Kata kunci: Motivasi Belajar Siswa, Kinerja Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Lingkungan Teman Sebaya, Prestasi Belajar Akuntansi Perusahaan Dagang


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.