PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Ririn Ismawati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi partisipatif, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi di SMK Muhammadiyah 2 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Berdasarkan observasi, skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi meningkat sebesar 11,03%. Hal ini ditunjukkan dari skor siklus I sebesar 70,38% menjadi 81,41% pada siklus II.  Selain observasi, ada juga angket yang dibagikan menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 7,41% pada siklus I sebesar 72,77% menjadi 80,18% pada siklus II.

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Motivasi Belajar Akuntansi

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.