FAKTOR-FAKTOR DETERMINAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA

Fatika Marjatiningrum, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, FE Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Semin Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah Semin tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 94 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket dan metode dokumentasi. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa kelas X SMK Muhammadiyah Karangmojo. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh positif Minat Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi yang dibuktikan dengan rx1y=0,376, r2x1y=0,141; rx2y=0,381, r2x2y=0,145; rx3y=0,426, r2x3y=0,181; dan Ry(1,2,3) 0,512, Ry(1,2,3)=0.509, R2y(1,2,3)= 0,259.

 

Kata Kunci: Prestasi Belajar Akuntansi, Minat Belajar, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.