PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KARTU UNO AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Maulana Witantyo, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staff Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Kartu UNO Akuntansi sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan Motivasi Belajar kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman, (2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi, (3) Mengetahui penilaian siswa kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman terhadap pengembangan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi, (4) Mengetahui peningkatan Motivasi Belajar siswa kelas X Akuntansi 4 SMK YPKK 2 Sleman setelah menggunakan media pembelajaran Kartu UNO Akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pengembangan Kartu UNO Akuntansi melalui lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi; (2) Kelayakan media Kartu UNO Akuntansi dinilai berdasarkan pada: a) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,75 yang termasuk kategori Sangat Layak, b) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,42 yang termasuk kategori Sangat Layak, dan c) Praktisi Pembelajaran diperoleh rata-rata skor 4,28 yang termasuk kategori Sangat Layak; (3) Penilaian siswa pada uji coba kelompok kecil diperoleh rata-rata skor 4,12 yang termasuk kategori Layak dan penilaian siswa pada uji coba lapangan diperoleh rata-rata skor 4,40 yang termasuk kategori Sangat Layak; (4) Berdasarkan analisis peningkatan Motivasi Belajar sebelum dan sesudah penggunaan media dengan gain score diperoleh peningkatan sebesar 0,33 kategori sedang sehingga media Kartu UNO Akuntansi dapat meningkatkan Motivasi Belajar siswa.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Kartu UNO Akuntansi, Motivasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.