PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, FASILITAS BELAJAR, DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI (AKUNTANSI) DI SMA NEGERI 1 WONOSARI

Pypiet Noor Hasanah, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Uji validitas menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data meliputi analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Wonosari tahun ajaran 2016/2017 dengan RY(1,2,3)=0,514, R2Y(1,2,3)=0,264, Fhitung=10,386 lebih besar dari Ftabel=2,709 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif Motivasi Belajar sebesar 43,35%, Fasilitas Belajar sebesar 30,26%, dan Teman Sebaya sebesar 26,39%. Sumbangan Efektif Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, dan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi) adalah sebesar 26,4%.

 

Kata kunci: Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Teman Sebaya, Prestasi Belajar Ekonomi (Akuntansi)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.