PENGEMBANGAN PERMAINAN ULAR TANGGA, MEDIA PEMBELAJARAN JURNAL KHUSUS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pengembangan Ular Tangga Akuntansi pada materi Jurnal Khusus; kelayakan Ular Tangga Akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; penilaian siswa terhadap Ular Tangga Akuntansi; dan peningkatan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Ular Tangga Akuntansi dinilai kelayakannya oleh 2 ahli materi (dosen dan guru), 1 ahli media, 8 siswa uji coba kelompok kecil, dan 17 siswa uji coba lapangan. Pengukuran motivasi melibatkan 17 siswa kelas X Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap pembuatan media: Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Tingkat kelayakan Ular Tangga Akuntansi berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi, 4,45 (Sangat Layak), 2) Ahli Media, 4,46 (Sangat Layak), 3) siswa uji coba kelompok kecil, 4,75 (Sangat Layak) dan 4) siswa uji coba lapangan, 4,33 (Sangat Layak). Hasil perhitungan gain score: Ular Tangga Akuntansi dapat meningkatkan motivasi belajar siswa sebesar 0,20 (nilai gain < 0,3, kategori rendah).
Kata kunci: Ular Tangga Akuntansi, Motivasi Belajar, SMK, Jurnal Khusus, ADDIE.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.