ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KECURANGAN AKADEMIS MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Mimin Nur Aisyah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gender, Pendidikan Orang Tua, Idealisme, Relativisme, Harga Diri, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya secara parsial maupun bersama-sama terhadap Kecurangan Akademis Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY. Penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan 163 Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2013, 2014 dan 2015 sebagai sampel penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis one way anova, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa bergender laki-laki memiliki kecenderungan Kecurangan Akademis yang lebih tinggi dibandingkan perempuan, dengan rata-rata 30,76 > 26,12; nilai Fhitung 16,068; dan signifikansi 0,000. Pendidikan Orang Tua tidak terbukti berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis (rhitung 0,041; sig. 0,010). Relativisme tidak terbukti berpengaruh positif terhadap Kecurangan Akademis (rhitung 0,012; sig. 0,169). Secara Parsial, Idealisme, Harga Diri, dan Motivasi Belajar berpengaruh negatif terhadap Kecurangan Akademis dengan signifikansi <0,05, nilai rhitung secara berurutan sebesar 0,129; 0,145; 0,182. Lingkungan Teman Sebaya berpengaruh positif terhadap Kecurangan Akademis (rhitung 0,117; sig. 0,000). Secara bersama-sama, Pendidikan Orang Tua, Idealisme, Relativisme, Harga Diri, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya memiliki pengaruh terhadap Kecurangan Akademis dengan nilai R2 yang disesuaikan sebesar 0,308; dan nilai Fhitung (13,00) lebih besar dari Ftabel (2,07).
Kata Kunci: Kecurangan Akademis, Gender, Pendidikan Orang Tua, Orientasi Etis, Harga Diri, Motivasi Belajar, Lingkungan Teman Sebaya.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.