PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR, PERSEPSI TENTANG METODE MENGAJAR, PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI
Moh. Djazari, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Srandakan Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx1y = 0,348; r2x1y = 0,121; terdapat pengaruh positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx2y= 0,323; r2x2y = 0,104; terdapat pengaruh positif Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan rx3y = 0,325; r2x3y = 0,106; terdapat pengaruh positif Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi ditunjukkan dengan Ry(1,2,3) = 0,398; R2y(1,2,3) = 0,158.
Kata kunci: Kemandirian Belajar, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru, Perhatian Orang Tua, Prestasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.