PENGARUH MINAT BELAJAR DAN METODE MENGAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Kajian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, (2) Pengaruh Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur, (3) Pengaruh Minat Belajar dan Metode Mengajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kausal komparatif. Subjek dalam kajian ini adalah siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah 52 siswa. Uji instrumen dilaksanakan pada 30 siswa SMK Ma’arif 1 Ngluwar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan kuesioner. Pengujian prasyarat analisis menggunakan Uji Multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi dan pengaruh Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi, serta analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar dan Metode Mengajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi. Hasil kajian ini adalah (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx1y sebesar 0,770; koefisien determinasi r2x1y sebesar 0,593; dan thitung sebesar 8,528 lebih besar dari ttabel sebesar 1,676. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Metode Mengajar terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi rx2y sebesar 0,473; koefisien determinasi r2x2y sebesar 0,224; dan thitung sebesar 3,795 lebih besar dari ttabel sebesar 1,676. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar dan Metode Mengajar secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X Paket Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Borobudur Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi Ry(1,2)sebesar 0,786; koefisien determinasi R2y(1,2)sebesar 0,618; dan Fhitung sebesar 39,702 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,19.
Kata kunci: Minat Belajar, Metode Mengajar, Motivasi Belajar Akuntansi.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.