IMPLEMENTATION OF COOPERATIVE JIGSAW LEARNING MODEL TO IMPROVE STUDENTS’ ACTIVITIES IN ACCOUNTING LEARNING FOR STUDENTS’ OF CLASS XI IPS 3 IN MAN 1 YOGYAKARTA ACADEMIC YEAR OF 2013/2014
Sukirno Sukirno, Lecturer Department of Accounting Education Yogyakarta State University
Abstract
Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang yang dilakukan pada kelas XI IPS 3 MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini mempunyai tujuan utama, yaitu untuk meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran akuntansi dengan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, siswa kelas XI IPS 3 MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2013/2014. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi partisipasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw mengalami peningkatan pada aktivitas siswa dalam belajar akuntansi pada setiap siklus. Pada siklus I Pertemuan 1 mengalami kenaikan aktivitas sebesar 47.33% dan pada pertemuan 2 mengalami kenaikan aktivitas menjadi 64,67%. Pada Siklus II pertemuan 1 mengalami kenaikan aktivitas siswa sebesar 80,67% dan pada Siklus II Pertemuan 2 mengalami kenaikan aktivitas menjadi 88%.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw, Aktivitas Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.