PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Hesti Risatina, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri
Siswanto Siswanto, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Pada Kompetensi Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa Siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Imogiri Tahun Ajaran 2015/2016 dengan Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat yaitu perencanaan, tindakan, mengamati, dan refleksi pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar Observasi dan Angket. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Motivasi Belajar Pada Kompetensi Dasar Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa dapat meningkat setelah tindakan Penerapan Model Pembelajaran STAD. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatkan skor motivasi belajar berdasarkan observasi ke siklus I sebesar 7,5% dari 66,29% saat observasi menjadi 73,79% pada siklus I. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II sebesar 8,82% dari 73,79% menjadi 82,61%. Selain data observasi, terdapat juga data dari angket yang didistribusikan menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa sebesar 3,53% dari 75,33% pada siklus I menjadi 78,86% pada siklus II.  

Kata kunci: Motivasi Belajar Akuntansi , Student Teams Achievement Divisions(STAD), Model Pembelajaran


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.