PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK AKUNTANSI PADA MATERI JURNAL PENYESUAIAN UNTUK SISWA KELAS XI

Ella Coraima Dewi, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Komik Akuntansi sebagai media pembelajaran Akuntansi pada materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Imogiri; mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Komik Akuntansi berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru Akuntansi, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) model pengembangan 4D. Teknik pengumpulan data melalui angket. Hasil penelitian yaitu berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,89 termasuk kategori Sangat Layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,04 termasuk kategori Sangat Layak, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,95 termasuk dalam kategori Sangat Layak. Penilaian kelayakan oleh siswa memperoleh rata-rata skor 4,26 termasuk kategori Sangat Layak.

Kata Kunci:      Penelitian dan Pengembangan, Media Pembelajaran, Komik Akuntansi, Jurnal Penyesuaian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.