PENGEMBANGAN KOMIK AKUNTANSI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA MATERI TRANSAKSI PERUSAHAAN DAGANG
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan Komik Akuntansi sebagai Media Pembelajaran Akuntansi untuk Siswa SMA kelas XII IPS dengan materi Transaksi Perusahaan Dagang, 2) mengetahui kelayakan komik akuntansi sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru akuntansi, dan uji coba pada siswa, 3) mengetahui respon siswa mengenai komik akuntansi sebagai media pembelajaran. Metode penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Tahapan penelitian dan pengembangan Komik Akuntansi ini terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Hasil penilaian menunjukkan bahwa: 1) penilaian kelayakan oleh Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 4,88 termasuk kategori Sangat Layak, 2) penilaian oleh Ahli Media diperoleh rata-rata skor 4,8 termasuk kategori Sangat Layak, dan 3) penilaian oleh Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 4,4 termasuk dalam kategori Sangat Layak. Siswa menunjukkan respon positif terhadap media Komik Akuntansi hal ini dibuktikan dengan data yang diperoleh rata-rata skor 4,3 termasuk dalam kategori Sangat Layak.
Kata Kunci: penelitian dan pengembangan, media pembelajaran, komik akuntansi, transaksi perusahaan dagang.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.