IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STAD BERBANTU PERMAINAN KOTAK-KATIK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI

Finlam Kurniasih, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar akuntansi siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Ajaran 2015/2016 melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu permainan kotak-katik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu teknik analisis data kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian dapat meningkatkan aktivitas belajar akuntansi. Terjadi peningkatan skor di setiap indikator aktivitas belajar akuntansi  dari  siklus  I  ke  siklus  II serta peningkatan skor rata-rata aktivitas belajar akuntansi dari siklus I sebesar 68,15% menjadi 91,67% pada siklus II atau meningkat sebesar 23,52%.

 Kata kunci: Student Teams Achievement Division (STAD), Permainan Kotak-katik, Aktivitas Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.