EFEKTIVITAS PROGRAM PENDIDIKAN SISTEM GANDA (PSG) PADA DUNIA USAHA DAN DUNIA INDUSTRI BIDANG KEAHLIAN AKUNTANSI (STUDI di SMK NEGERI 1 KLATEN)

Adi Irwandi, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluatif. Penelitian ini mempunyai empat tujuan yaitu mendiskripsikan pelaksanaan PSG pada DUDI, mengetahui tingkat efektivitas pelaksanaan PSG, mengetahui faktor pendukung dan penghambat, mengetahui pola pelaksanaan PSG yang ideal pada DUDI. Metode pengumpulan data adalah angket, wawancara, dokumentasi, observasi langsung dan trianggulasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui yaitu Pertama, pelaksanaan seluruh komponen PSG pada umumnya sesuai dengan ketentuan penyelenggaraan PSG. Kedua, efektivitas pelaksanaan PSG ditinjau dari keterlaksanaan seluruh komponennya adalah Sangat Efektif dengan persentase keterlaksanaan 80,8%. Ketiga, faktor pendukung pelaksanaan PSG pada DUDI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten, yaitu kesadaran siswa sendiri, fasilitas sekolah, kesadaran dari guru, biaya, adanya kerjasama/hubungan sekolah dengan DUDI yang baik. Dan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan mencari DUDI yang representatiif, karakter siswa, biaya, evaluasi antara SMK dengan DUDI setelah pelaksanaan prakerin belum maksimal. Keempat, pola pelaksanaan PSG yang ideal pada DUDI  perlu ditingkatkan pada pola pelaksanaan PSG model 2.

 Kata Kunci: Program PSG, Efektivitas, Faktor pendukung dan penghambat, Pola pelaksanaan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.