IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DALAM LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016 melalui implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Lesson Study. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berbasis Lesson Study yang dilaksanakan selama dua siklus. Tahap-tahap PTK dilaksanakan dalam Lesson Study yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual dalam Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2015/2016. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa meningkat dari siklus I sebesar 74,40% menjadi 93,41% pada siklus II atau meningkat sebesar 19,02% (33,53%). Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 48,81 meningkat menjadi 64,38 pada post test atau meningkat sebesar 15,57 (31,90%). Pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar pada pre test sebesar 49,94 meningkat menjadi 77,75 pada post test atau meningkat sebesar 27,81 (55,69%).
Kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Strategi Pembelajaran Kontekstual, Lesson Study
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
.