PENGARUH KARAKTER GENERASI Z DAN PERAN GURU DALAM PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Diyah Puspita Rini, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Karakter Generasi Z dan Peran Guru dalam Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016 sejumlah 96 siswa. Uji coba instrumen dilakukan di SMK Negeri 1 Tempel dengan N=30. Analisis data dilakukan dengan uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif Karakter Generasi Z dan Peran Guru dalam Pembelajaran secara bersama-sama terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Godean Tahun Ajaran 2015/2016 dengan koefisien korelasi sebesar 0,633 dan harga Fhitung > Ftabel (31,043 > 3,09) dengan sumbangan efektif sebesar 22,477%.

 

Kata kunci: Karakter Generasi Z, Peran Guru dalam Pembelajaran, Motivasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.