PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TPS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK
Isroah Isroah, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share (TPS) pada Mata Pelajaran Dasar-dasar Perbankan Siswa Kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Think Pair Share dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas X AK 4 SMK YPE Sawunggalih Kutoarjo Tahun Ajaran 2015/2016 yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Akuntansi dari sebelum Penerapan Teknik Think Pair Share sebesar 65,68% meningkat sebesar 7,23% menjadi 72,91% di siklus I. Peningkatan juga terjadi pada siklus I ke siklus II yaitu sebesar 7,16% atau dari 72,91% pada siklus I menjadi 80,07% pada siklus II. Sedangkan pada angket terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 2,75% atau sebesar 76,28% di siklus I menjadi 79,03% siklus II.
Kata kunci: Think Pair Share, Motivasi Belajar Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.