PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI KOMIK DIGITAL BERBASIS NILAI KARAKTER PADA KOMPETENSI DASAR AKUNTANSI PERSEDIAAN

Habibie Bagus Sambada, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan P.Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan 1) mengembangkan Komik Digital Berbasis Nilai Karakter sebagai Media Pembelajaran Akuntansi SMK kelas XI Akuntansi dengan materi Akuntansi Persediaan 2) mengetahui kelayakan komik digital berbasis nilai karakter oleh ahli materi, ahli media, guru akuntansi, 3) mengetahui respon siswa, 4) mengetahui besarnya peningkatan nilai karakter. Tahapan penelitian dan pengembangan komik digital berbasis nilai karakter terdiri dari empat tahap yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penilaian menunjukkan: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata 4,15 kategori layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata 4,81 kategori sangat layak, 3) Guru Akuntansi SMK diperoleh rata-rata 4,82 kategori sangat layak, 4) Siswa kelas XI Akuntansi 1 dan 2 diperoleh rata-rata 0,90 dan 0,93 kategori sangat layak. 5) Angket nilai karakter sebelum pengembangan dan sesudah pengembangan diperoleh rata-rata peningkatan pada nilai karakter jujur meningkat 19%; disiplin meningkat 4%; mandiri meningkat 10%; kreatif meningkat 26%; kerja keras meningkat 4%. Pada uji validasi, aspek nilai karakter jujur meningkat 15%; disiplin meningkat 8%; mandiri meningkat 12%; kreatif meningkat 18%; kerja keras meningkat 17%.

 Kata kunci : komik digital, media pembelajaran, akuntansi persediaan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.