PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS REKONSTRUKSI FILM UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR PADA KOMPETENSI DASAR PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekonstruksi Film untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 4 Klaten pada kompetensi dasar Persamaan Dasar Akuntansi; mengetahui kelayakan media pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekosntruksi Film; serta mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa setelah penggunaan media. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil penelitian: 1) Analysis, yaitu perlu adanya inovasi media pembelajaran akuntansi. 2) Design, media pembelajaran akuntansi berbasis rekonstruksi film yang berdurasi 50 menit 11 detik. 3) Development, yaitu penilaian media oleh ahli materi dengan rerata skor 4,72 dan ahli media dengan rerata skor 4,30 yang dikategorikan bahwa media sangat layak. 4) Implementation, diperoleh data skor angket keaktifan belajar siswa awal sebesar 1848 serta angket keaktifan belajar siswa akhir dengan skor 2055. 5) Evaluation, menghitung kategori peningkatan keaktifan belajar siswa dengan metode Gain Score yang diperoleh skor sebesar 0,31. Nilai 0,31 yang berarti peningkatan keaktifan belajar siswa dalam kategori sedang.
Kata kunci: Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Rekonstruksi Film, Persamaan Dasar Akuntansi, Keaktifan belajar, SMK, ADDIE.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.