EVALUASI KOMPETENSI DASAR GURU DAN KUALITAS LULUSAN AKUNTANSI

Rahmadita Nurul Hidayati, Prodi Pendidikan Akuntansi Universitas negeri Yogyakarta
Sukirno Sukirno, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini memiliki 4 tujuan utama yakni untuk mengevaluasi mengenai Kompetensi Dasar guru dan Kualitas Lulusan di SMK 1 Yapemda Sleman dari segi konteks, masukan, proses dan produk. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif menggunakan skor standar (z-skor) yang ditransformasikan ke dalam T-skor dan selanjutnya dicocokkan dengan prototype kuadran Glickman. Dari hasil analisis data diperoleh prototype kompetensi dasar guru yaitu variabel Konteks, Input, Proses dan Produk dengan posisi CIPP ( -  +  +  +) di kuadran II. Berdasarkan temuan hasil penelitian ini maka dapat kita simpulkan bahwa Kompetensi Dasar Guru Akuntansi SMK Yapemda 1 Sleman termasuk dalam kategori cukup kompeten. Untuk kualitas lulusan sendiri berada pada posisi CIPP ( + + + +)  di kuadran I. Dari hasil penelitian tersebut untuk Kualitas Lulusan Program Keahlian Akuntansi termasuk dalam kategori I yakni “Sangat Berkualitas”.

 

Kata kunci: Kompetensi Dasar, Guru, SMK Yapemda 1 Sleman, CIPP, Lulusan, Kualitas, Kuadran Glickman, Evaluasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.