IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR AKUNTANSI

Santi Rahayu, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar belajar akuntansi pada siswa kelas XI Akuntansi 2 SMK Koperasi Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016 dengan implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan presentase. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi Model Pembelajaran Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas belajar akuntansi yang dibuktikan dengan peningkatan skor aktivitas pada aktivitas visual 17,69%, aktivitas lisan 15,97%, aktivitas mendengarkan 8,26%, aktivitas menulis 18,75%, aktivitas metrik 19,08%, dan aktivitas menta 12,57%l. Berdasarkan data hasil penelitian pada siklus I diperoleh rata-rata skor Aktivitas Belajar Akuntansi sebesar 67,10% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,99%, hal ini berarti tedapat peningkatan sebesar 15,89% (Absolut) dan  23,68% (Relatif).

 Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelasa, Course Review Horay, Aktivitas Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.