IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AKUNTANSI

Dwi Roni Indriyanti, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi siswa kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 2 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 dan mengetahui respon siswa terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk kolaboratif dan partisipatif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, dan angket. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMK Negeri 2 Purworejo Tahun Ajaran 2013/2014. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan Skor Motivasi Belajar Akuntansi sebesar 10,99% dari hasil observasi pada siklus I sebesar 72,03% dan pada siklus II sebesar 83,02%. Berdasarkan hasil analisis angket terdapat peningkatan sebesar 9,53% dari siklus I sebesar 70,90% menjadi 80,43% pada siklus II. Selain itu, skor respon siswa terhadap Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD sebesar 79,75%.

 

Kata kunci: SMK Negeri 2 Purworejo, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Motivasi Belajar Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.