PENGEMBANGAN BUKU DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA KOMPETENSI DASAR JURNAL PENYESUAIAN

Cahayu Saccharosa, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Buku Digital bagi siswa kelas X AK 2 SMK Koperasi Yogyakarta dengan materi Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa. Penilaian kelayakan Media Pembelajaran Buku Digital ditinjau dari 4 tahapan penilaian, diantaranya: penilaian ahli materi, penilaian ahli media, guru Akuntansi, dan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Media Pembelajaran Buku Digital dinilai kelayakannya oleh 1 dosen ahli materi, 1 dosen ahli media, 1 guru akuntansi, dan 29 siswa uji coba lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kelayakan Media Pembelajaran Buku Digital berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,50 termasuk dalam kategori Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 3,76 yang termasuk dalam kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,83 yang termasuk dalam kategori Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa memperoleh rata-rata skor 4,22 yang termasuk kategori Sangat Baik..

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Akuntansi, Buku Digital, ADDIE

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.