PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MENGAJAR

Istiana Dewi Kurniasari, Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Minat menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar Mahasiswa Calon Guru Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2012 FE UNY. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2012 FE UNY sejumlah 141 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi angkatan 2012 FE UNY. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji linearitas dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis terdiri dari regresi sederhana, regresi ganda, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat menjadi Guru dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap Kesiapan Mengajar dengan Ry(1,2)= 0,726; R2y(1,2)= 0,527; Fhitung= 76,936; Ftabel= 3,062 dan signifikansi 5%. Sumbangan relatif Minat menjadi Guru sebesar 15,04% dan sumbangan efektif sebesar 7,93%. Sumbangan Relatif Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) sebesar 84,96% dan sumbangan efektif sebesar 44,77%.

Kata kunci: Minat menjadi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Kesiapan Mengajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.