IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION BERBANTU MEDIA ULAR TANGGA AKUNTANSI
Moh. Djazari, Staf Pengajar Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Aktivitas Belajar Akuntansi dan Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016 melalui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) berbantu Media Ular Tangga Akuntansi. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, dokumentasi dan tes sedangkan untuk instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasi, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ditunjukkan dengan adanya peningkatan Aktivitas Belajar Akuntansi dengan rata-rata keseluruhan dari siklus I dengan persentase 71,90%, naik menjadi 79,46% pada siklus II dan naik lagi menjadi 83,93% pada siklus III, sedangkan Prestasi Belajar Akuntansi dengan rata-rata nilai post-test siklus I adalah 70,69, meningkat menjadi 72,86 pada post-test siklus II dan pada post-test siklus III rata-rata nilai meningkat menjadi 88,21. Siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal pada siklus I sebanyak 55,2%, mengalami kenaikan pada siklus II sebanyak 78,6%, dan naik lagi pada siklus III sebanyak 89,3%.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar Akuntansi, Prestasi Belajar Akuntansi , Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD berbantu Media Ular Tangga Akuntansi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.