IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAI DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI
Sukanti Sukanti, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Pleret tahun ajaran 2015/2016 pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Accelerated Instruction (TAI) dengan Macromedia Flash. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan tes, sedangkan instrumen penelitian yang digunakan catatan lapangan dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dapat meningkatkkan hasil belajar akuntansi ranah kognitif siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif meningkat sebesar 77,34% dari nilai 44,44 (pre test) menjadi 78,81 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 61,9%. Pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif juga mengalami peningkatan yaitu sebesar 31,78% dengan rata-rata nilai 67,14 (pre test) dan 88,48 (post test) serta diperoleh persentase ketuntasan klasikal 100%.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif, Team Accelerated Instruction (TAI), Macromedia Flash, hasil belajar akuntansi ranah kognitif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.