IDENTIFIKASI PENDIDIKAN MORAL, AGAMA, DAN PANCASILA DI SMPN 7 MUARO JAMBI
Sandri Sandri, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi, Indonesia
Abstract
Abstrak: Identifikasi Pendidikan Moral, Agama, dan Pancasila di SMPN 7 Muaro Jambi. Pendidikan memiliki peran penting diera zaman sekarang untuk menciptakan generasi yang unggul dan berkompeten baik menanamkan nilai secara moral, agama dan pancasila. Penelitian ini memiliki tujuan terlaksananya pendidikan moral, agama, pancasila. Cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari serta seberapa pentingnya pendidikan agama dalam mengembangkan karakter siswa di SMPN 7 Muaro Jambi. Metode penelitian kali ini menggunakan metode kualitatif dengan merujuk pada jawaban dari pertanyaan yang diajukan pada saat sesi wawancara observasi. Disana memiliki perbedaan agama yaitu islam dan kristen. Pendidikan agama, etika dan pancasila berperan besar dalam membentuk karakter siswa. Pendidikan etika, agama, dan Pancasila merupakan Pondasi penting dalam membentuk karakter individu yang berakhlak mulia. Pendidikan ini menanamkan nilai-nilai luhur, moral, dan spiritual, serta memperkuat identitas nasional. Penelitian ini menganalisis berbagai pendekatan dan strategi dalam mengintegrasikan nilai-nilai tersebut dalam kurikulum merdeka.
Kata kunci: Pendidikan, Filsafat Pendidikan, Agama, Etika, Pancasila
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.