Pengembangan Komik Digital Berbasis Webtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah

Luminta Adjie Sukma, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengembangan Komik Digital Berbasis Webtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan komik digital berbasis Webtoon sebagai media pembelajaran alternatif materi Akuntansi Pendapatan dan Belanja/Beban Daerah; mengetahui kelayakan komik digital berbasis Webtoon sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan ahli praktisi; dan mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa XI AKL SMK Negeri 7 Yogyakarta setelah menggunakan media pembelajaran komik digital berbasis Webtoon. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Tingkat kelayakan komik digital berbasis Webtoon sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian: 1) Ahli materi diperoleh rerata skor 3,78 termasuk dalam kategori Sangat Layak, 2) Ahli media diperoleh rerata skor 3,75 termasuk dalam kategori Sangat Layak, dan 3) Ahli praktisi diperoleh rerata skor 3,23 termasuk dalam kategori Layak. Dengan demikian, komik digital berbasis Webtoon sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan perhitungan nilai gain score diperoleh -0,03. Dengan demikian, komik digital berbasis Webtoon tidak efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.

Kata kunci: Media pembelajaran komik digital berbasis Webtoon, Motivasi Belajar, ADDIE


Full Text:

PDF

References


Adelina, R. (2013). Analisis Efektifitas dan Kontribusi Penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Terhadap Pendapatan Daerah di Kabupaten Gresik. Jurnal Akuntansi Unesa, 1-19.

Aghni, R. I. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran Dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 98-107.

Alfiani, F., Kurniawati, T., & Siwi, M. K. (2018). Pengembangan Webtoon untuk Pembelajaran IPS (Ekonomi) di SMP. EcoGen, 439-449.

Anggraeni, D. N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-up Box Simulasi MYOB Accounting pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi Untuk Siswa Kelas XII Akuntansi 1 SMKN 1 Bawang Banjarnegara Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Antonius, Mashudi, & Purwaningsih, E. (2019). Pengembangan Pembelajaran Akuntansi Melalui Media Komik di SMK Katolik Santa Maria Pontianak. In Proceedings International Conference on Teaching and Education (ICoTE), 280-287.

Dewi, E. C., & Isroah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Akuntansi Pada Materi Jurnal Penyesuaian untuk Siswa Kelas XI. Jurnal Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-11.

Dewi, P. T. (2023). Motivasi Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 12-24.

Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 181-188.

Hidayah, Y. F., Siswandari, & Sudiyanto. (2017). Pengembangan Media Komik Digital Akuntansi Pada Materi Menyusun Laporan Rekonsiliasi Bank Untuk Siswa SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 239-250.

Hidayati, R., Triyanto, M., Sulastri, A., & Husni, M. (2022). Faktor Penyebab Menurunnya Motivasi Belajar Siswa Kelas VI SDN 1 Peresak. Jurnal Educatio, 1153-1160.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Kanti, F. Y., Suyadi, B., & Hartanto, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital pada Kompetensi Dasar Sistem Pembayaran dan Alat Pembayaran untuk Siswa Kelas X IPS di MAN 1 Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 135-141.

Kristiyani, E., & Budianingsih, I. (2019). Pengaruh Strategi Pembelajaran E-learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Akademika, 81-100.

Lestari, A. F., & Irwansyah. (2020). Line Webtoon sebagai Industri Komik Digital. SOURCE: Jurnal Ilmu Komunikasi, 134-148.

Listiyani, I. M., & Widayati, A. (2012). Pengembangan Komik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Pada Kompetensi Dasar Persamaan Dasar Akuntansi Untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 80-94.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 745-751.

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development. Jurnal Pengembangan Profesi Pendidik Indonesia (JPPPI), 1-15.

Mulia, R. A. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Pada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat). Jurnal El-Riyasah, 7-21.

Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana, 305-317.

Nasrah, & Muafiah, A. (2020). Analisis Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Daring Mahasiswa Pada Masa Pandemik Covid-19. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 207-213.

Payanti, D. A. (2022). Peran Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa yang Inovatif. Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I, 464-475.

Pranjono, A. R. (2015). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning pada Mata Pelajaran Gambar Teknik Kelas X Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 2 Klaten. Jurusan Pendidikan Teknik Mekatronika, 307-313.

Pratama, R. A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Akuntansi. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-18.

Puspananda, D. R. (2022). Studi Literatur: Komik Sebagai Media Pembelajaran yang Efektif. Jurnal Pendidikan Edutama (JPE), 85-92.

Rahmatullah, D., Suryani, E., Fatmawati, Merdekawati, A., & Yahya, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Materi Kerjasama Ekonomi Internasional Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Plampang Tahun Pelajaran 2019/2020. Indonesian Journal of Teacher Education, 179-186.

Ramadhan, B. S., & Rasuardie. (2020). Kajian Industri Komik Daring Indonesia: Studi Komik Tahilalats. Jurnal Senirupa Warna, 2-18.

Rossa, V., & Efendi, D. A. (2020, Desember 16). Akibat Pandemi, 40 Persen Pelajar Indonesia Kehilangan Motivasi Belajar. Retrieved from suara.com: https://www.suara.com/health/2020/12/16/141248/akibat-pandemi-40-persen-pelajar-indonesia-kehilangan-motivasi-belajar

Royani, L., & Susanti. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Akuntansi Lembaga Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 173-181.

Suhaedi, W. (2019). Analisis Belanja Daerah. Jurnal Riset Akuntansi Aksioma, 63-78.

Wardah, F., Siswandari, & Ngadiman. (2019). Kontribusi Komik dalam Pembelajaran Akuntansi. Surya Edunomics, 10-21.

Widyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirabumi, R. (2020). Metode Pembelajaran Ceramah. Annual Conference on Islamic Education and Thought, 105-113.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.