Pengaruh Mathematics Anxiety dan Literasi Digital Pada Prestasi Belajar Komputer Akuntansi SMK Negeri 1 Ponorogo

Fatma Annisa, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Dian Normalitasari Purnama, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh mathematics anxiety dan literasi digital terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa pada mata pelajaran Komputer Akuntansi di SMK Negeri 1 Ponorogo. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto, penelitian ini melibatkan 140 siswa kelas XII tahun ajaran 2023/2024. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner untuk mengukur tingkat mathematics anxiety dan literasi digital, serta dokumentasi nilai untuk prestasi belajar. Analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik mathematics anxiety maupun literasi digital, secara individual maupun simultan, tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar komputer akuntansi siswa. Temuan ini mengindikasikan perlunya evaluasi terhadap faktor-faktor lain seperti motivasi, lingkungan belajar, dan metode pengajaran.

Kata kunci: literasi digital, mathematics anxiety, prestasi belajar, komputer akuntansi, SMK.


Full Text:

PDF

References


Adirakasiwi, A. G., & Berliana, C. (2021). Pengaruh Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2628-2635.

Ashcraft, M. H. (2002). Mathematics Anxiety: Personal, Educational, and Cognitive Consequences. Diakses dari https://journals.sagepub.com/doi/10.1111/1467-8721.00196 pada tanggal 24 Mei 2024.

European Commission. (2022). Digital Competence Framework for Citizens. Diakses pada 18 Mei 2024, dari https://digital-strategy.ec.europa.eu/en/library/digital-competence-framework-citizens

Gagne, R. M. (1985). The Conditions of Learning and Theory of Instruction (4th ed.). New York: Holt, Rinehart, and Winston.

Gilster, P. (1997). Digital Literacy. Diakses dari https://www.guilford.com/books/Digital-Literacy/Paul-Gilster/9781119144670 pada tanggal 24 Mei 2024.

Howard, A., & Warwick, J. (2016). Mathematical anxiety as an inhibitor of skills development in accounting students. International Journal of Social Sciences & Educational Studies, 3(2), 4-25. https://doi.org/10.23918/ijsses.v3i2p4

Lingga, R. A., Andriani, D. N., & Wirawan, Y. R. (2022). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Gen-Z di Masa Pandemi COVID-19. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 87-96.

Mkhize, M. V. (2019). Mathematics anxiety among pre-service accounting teachers. Journal of Educational Studies, 39(3). https://hdl.handle.net/10520/EJC-1878cdbea9

Soraya, S. M., Kurjono, & Muhammad, I. (2023). Analisis Bibliometrik: Penelitian Literasi Digital dan Hasil Belajar pada Database Scopus (2009-2023). EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 387-398.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Yudha, D. K., Irawan, & Khuntari, D. (2023). Pengaruh Literasi Digital Terhadap Prestasi Belajar pada Siswa SMP Pusaka Bangsa Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Informasi dan Komunikasi, 7(1), 1-10.

Asrawati, N. (2021). Pengaruh Mathematics Anxiety Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMK Kartika Makassar. JRIP: Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 23-31.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.