Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, Dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK N 1 Pengasih
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Departemen P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik Akuntansi Dasar Siswa Kelas X AKL SMK N 1 Pengasih. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik Akuntansi Dasar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Pengasih dengan populasi sebanyak 71 siswa kelas X Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Teknik pengumpulan dta dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. Validitas kuesioner diukur dengan korelasi product moment, sedangkan reliabilitas diukur menggunakan Alpha Cronbach. Uji prasyarat dalam penelitian inin meliputi uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesisis dalam penelitian ini dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil peneliyian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik Akuntansi Dasar siswa.
Kata kunci: Efikasi Diri, Manajemen Waktu, Motivasi Belajar, Prokrastinasi Akademik
Full Text:
PDFReferences
Aprilyani, R. (2022). Dampak Motivasi Belajar dan Regulasi Diri Terhadap Prokrastinasi. JURNAL LENTERA BISNIS, 11(3), 344. https://doi.org/10.34127/jrlab.v11i3.924
Arianti, A. E., & Kumara, A. R. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa BK UAD pada Masa Pembelajaran Daring. PROSIDING Seminar Nasional “Bimbingan Dan Konseling Islami.”
Bandura, A. (1997). Self-efficacy - The Exercise of Control. W.H. Freeman and Company.
Baron, R. A., & Byrne, D. E. (1991). Social Psychology : Understanding Human Interaction (6th ed.). Allyn and Bacon. https://archive.org/details/socialpsychology00baro/mode/2up
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 97–196.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and Task Avoidance. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-1-4899-0227-6
Ghufron, N. M., & Risnawita, R. (2010). Teori-teori Psikologi (I). Ar-Ruzz Media Group.
Gunawan, V. A. R., Nanik, & Lasmono, H. K. (2008). Perfeksionisme, Prokrastinasi Akademik, dan Penyelesaian Skripsi Mahasiswa. Anima, Indonesia Psychological Journal, 23(3), 256–276.
Maslow, A. (1943). A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 370–396.
Milgram, N. A., Sroloff, B., & Rosenbaum, M. (1988). The procrastination of everyday life. Journal of Research in Personality, 22(2), 197–212. https://doi.org/10.1016/0092-6566(88)90015-3
Mu’alima, K. (2021). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Peserta Didik. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(2), 30–33.
Octavia, S. A. (2020). Motivasi Belajar dalam Perkembangan Remaja. CV Budi Utama.
Permana, B. (2019). Gambaran Prokrastinasi Akademik Siswa SMA Darul Falah Cililin. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(3), 87. https://doi.org/10.22460/fokus.v2i3.4498
Pratiwi, G. A. (2020). Pengaruh Stres Akademik dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(4), 738–749.
Purnama, S. S. (2014). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negri Surabaya. Jurnal Mahasiswa Bimbingan Konseling UNESA, 4.
Ryan, R. M., & Deci, E. L. (2000). Self-determination theory and the facilitation of intrinsic motivation, social development, and well-being. American Psychologist, 55(1), 68–78. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.68
Salsabila, D., Faslah, R., & Yohana, C. (2023). Pengaruh Efikasi Diri dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik di SMKN 31 Jakarta. Berajah Journal, 3(1), 131–142. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.205
Sandra, K. I., & Djalali, M. A. (2013). Manajemen Waktu, Efikasi-Diri Dan Prokrastinasi. Persona: Jurnal Psiikologi Indonesia, 2(3), 217–222.
Septiyan, D., Simatupang, M., & Sadijah, N. A. (2023). Pengaruh Efikasi Diri terhadap Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat. Psikologi Prima, 6(2), 62–69. https://doi.org/10.34012/psychoprima.v6i2.4049
Syahada, R. A., & Sekarsari, L. A. (2023). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bank OCBC NISP Surabaya. Journal of Economic, Bussines and Accounting (COSTING), 7(1), 8–16. https://doi.org/10.31539/costing.v7i1.5585
Uno, H. B. (2014). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. PT Bumi Aksara. https://books.google.co.id/books?id=lOqoEAAAQBAJ&pg=PA9&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=2#v=onepage&q&f=false
van Eerde, W. (2003). A meta-analytically derived nomological network of procrastination. Personality and Individual Differences, 35(6), 1401–1418. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(02)00358-6
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Andi Offset.
Wolters, C. A. (2003). Understanding procrastination from a self-regulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95(1), 179–187. https://doi.org/10.1037/0022-0663.95.1.179
Yudistiro. (2016). Hubungan Prokrastinasi Akademik dengan Prestasi Belajar Pada Siswa yang Aktif dalam Kegiatan Ekstrakurikuler. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 305–309. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4017
Zagoto, S. F. L. (2019). Efikasi Diri Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 386–391. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.667
Refbacks
- There are currently no refbacks.