Pengaruh Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Kompetensi Keahlian Akuntansi
Eka Ary Wibawa, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Prokrastinasi akademik adalah perilaku menunda-nunda mengerjakan atau menyelesaikan tugas akademik. Salah satu faktor penyebab prokrastinasi akademik adalah manajemen waktu. keyakinan seseorang terhadap kemampuan mereka untuk berhasil dalam menghadapi tugas-tugas akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik siswa. Penelitian ini memiliki fokus dalam mengeksplorasi pengaruh antara manajemen waktu dan prokrastinasi akademik di kalangan siswa kompetensi keahlian akuntansi yang belum diteliti di SMK Negeri 7 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Validitas data diukur menggunakan Korelasi Product Moment, sedangkan reliabilitas data diukur menggunakan Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan Manajemen Waktu terhadap Prokrastinasi Akademik siswa, dengan dengan hasil koefisien regresi menunjukkan sebesar -0,438 yang mana nilai r-hitung (0,251) > r-tabel (0,1771) dengan nilai Sig=0,000<0,005. Penelitian ini berhasil membuktikan hipotesis bahwa Manajemen Waktu memiliki pengaruh yang negatif dan signifikan terhadap Prokrastinai Akademik siswa. Artinya, peningkatan Manajemen Waktu diperlukan untuk menghindari perilaku Prokrastinasi Akademik siswa
Kata kunci: Manajemen Waktu, Prokrastinasi Akademik, Siswa Akuntansi SMK
Full Text:
PDFReferences
Agustina, F. F., Rahmawati, & Khairun, D. Y. (2023). Profil Prokrastinasi Akademik Siswa SMK Negeri Kota Serang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 20(1). https://uia.e-journal.id/guidance
Anas. (2022). Sumber Daya Manusia Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Ilmiah Promis, 3(2), 110–130. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/Promis/article/view/566
Ashaf, A. R., Samad, S., & Anas, M. (2021). Perilaku Prokrastinasi Akademik (Studi Kasus Pada Siswa Di SMPN 1 Gantarangkeke Kab. Bantaeng) Academic Procrastination Behavior (Case Study on Students at SMPN 1 Gantarangkeke Bantaeng Regency). 2.
Asri, D. N. (2018). Prokrastinasi Akademik: Teori dan Riset dalam Perspektif Pembalajaran Berbasis Proyek dan Self-Regulated Learning (D. Apriandi (ed.)). UNIPMA PRESS.
Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why You Do It, What to Do About It Now. Dacapo Press.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & Cown, W. M. (1995). Procrastination and Task Avoidance, Theory, Research and Treathment. (Plenum Pre).
Gea, A. A. (2014). Time Management: Menggunakan Waktu Secara Efektif dan Efisien. Humaniora, 5(2), 777. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i2.3133
Ghufron, M. N. (2014). Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Ditinjau Dari Regulasi Diri Dalam Belajar. Quality: Journal of Empirical Research in Islamic Education, 2(1), 136–149.
Ghufron, M. N., & Suminta, R. R. (2010). Teori-Teori Psikologi (R. Kusumaningratri (ed.)). Ar-Ruzz Media.
Harlina, A. P., Theresia, M., & Hartati, S. (2018). Mengembangkan Kemampuan Manajemen Waktu Melalui Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Kontrak Perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1), 1–8.
Herawati, M., & Suyahya, I. (2019). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Peserta Didik SMK Islam Ruhama. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kaluni, 2(December). https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.148
Kandemir, M. (2014). Predictors of Academic Procrastination : Coping with Stress, Internet Addiction and Academic Motivation. World Applied Sciences Journal, 32(5), 930–938. https://doi.org/10.5829/idosi.wasj.2014.32.05.60
Kurniawan, D. E. (2024). Analysis of Factors Causing Academic Procrastination in Students. IJEDR: Indonesian Journal of Education and Development Research, 2(1), 639–646. https://doi.org/10.57235/ijedr.v2i1.1917
Ocak, G., & Boyraz, S. (2016). Examination of the Relation between Academic Procrastination and Time Management Skills of Undergraduate Students in Terms of Some Variables. Journal of Education and Training Studies, 4(5). https://doi.org/10.11114/jets.v4i5.1313
Ompusunggu, M. M. (2022). Pengaruh Manajemen Waktu dan Kecenderungan Kecemasan Terhadap Prokrastinasi Skripsi Pada Mahasiswa. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 241. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v10i2.6966
Prasetyowati, D., Indiati, I., & Nayla, A. (2021). Analisis Keterlaksanaan Perencanaan Dan Proses Kegiatan Pembelajaran Praktik Di SMK. Jurnal Riptek, 15(2), 69–74. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.121
Putri, N. S., Syahril, Y. F., & Habibaturrahmah, H. (2022). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Smk Negeri 9 Padang. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmiah Sosial Budaya, 1(2), 380–384. https://doi.org/10.47233/jppisb.v1i2.601
Rahmaniah. (2019). Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik Siswa di SMP Negeri 1 Tanete Riaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 11,17. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/bkmb/article/view/52
Salsabila, D., Faslah, R., & Yohana, C. (2023). Pengaruh Efikasi Diri Dan Manajemen Waktu Terhadap Prokrastinasi Akademik Di Smkn 31 Jakarta. Berajah Journal, 3(1), 131–142. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.205
Singh, D., & Jain, D. S. . (2014). Working Process Of Time Management In SAP HR Module. International Journal of Management Research and Reviews, 4(1), 316–334.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sukino, N. A. (2017). Pengaruh Motivasi Berprestasi dengan Manajemen Waktu pada Mahasiswa yang Bekerja. In Universitas Medan Area.
Syelviani, M. (2020). Pentingnya Manajemen Waktu dalam Mencapai Efektivitas Bagi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Unisi). E-Journal Unisi, 6(1), 1–15. https://doi.org/10.1016/j.fcr.2017.06.020
Tracy, B. (2013). Time Management. In Revista Brasileira de Linguística Aplicada (Vol. 5, Issue 1). American Management Asssociation.
Usroh, L., Laily, N., & Munir, F. (2022). Manajemen Waktu dan Self Regulated Learning pada Siswa. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 47–63. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2762
Winarso, W. (2023). Mengelola Prokrastinasi Akademik (Pendekatan Psikoedukasi Berbasis Religiositas) (Toheri (ed.)). Jejak Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.