Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P Pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X AKKL 2 Smk Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024

Hemalia Avin Fadlilah, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa kelas X AKKL 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi untuk siswa kelas X AKKL 2 SMK N 1 Yogyakarta 2) Untuk mengetahui kelayakan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P pada Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi untuk siswa kelas X AKKL 2 SMK N 1 Yogyakarta 3) Untuk mengetahui perbedaan Kemandirian Belajar pada siswa di Mata Pelajaran Pengantar Akuntansi untuk kelas X AKKL 2 SMK N 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2023/2024 sebelum dan setelah penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Negeri 1 Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE yang terdiri atas tahap analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Teknik analisis data yaitu teknik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan media pembelajaran interaktif Lumi H5P dengan mengikuti model ADDIE yang memiliki tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi dilaksanakan dengan hasil yang baik 2) Hasil validasi terhadap media Lumi H5P yang dilakukan oleh Ahli Materi, Ahli Media dan Praktisi Pembelajaran menunjukkan kategori “Layak” 3) Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Lumi H5P menunjukkan keberhasilan dengan peningkatan skor Kemandirian Belajar Siswa sebesar 12%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Pembelajaran interaktif Lumi H5P dapat meningkatkan Kemandirian Belajar Pengantar Akuntansi Kompetensi Jurnal Penyesuaian siswa kelas X AKKL 2 SMK Negeri 1 Yogyakarta.

Kata kunci: Media Pembelajaran Lumi H5P, Kemandirian Belajar, Pengantar Akuntansi


Full Text:

PDF

References


Borkowski, J. &. (1994). Self-regulation of learning and performance. New Jersey: Lawrence-Erlbaum.

Charles, S. A. (2022). Meningkatakan Keaktifan Siswa dalam Menerima Materi dengan Memanfaatkan Konten Interaktif H5P. Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 7-11.

Darr, F. J. (2004). Self-Regulated Learning In The Mathematic Class.

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Desmita. (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Gea, A. A. (2002). Relasi Dengan Diri Sendiri. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Oktavian, S. B. (2021). The Effectiveness of Inquiry-Based Learning on the Development of Students' Self-Regulated Learning and Critical Thinking Skills.

Rusman. (2013). Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Tirtarahardja, U. d. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.