Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Dengan Metode Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi Dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi MYOB
Ani Widayati, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Penerapan Model Pembelajaran Active learning Dengan Metde Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar Pada Mata Pelajaran Komputer Akuntansi MYOB. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar pada mata pelajaran komputer akuantasi MYOB melalui menerapkan model pembelajaran active learning dengan metode tutor sebaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian tindakan model Kemmis dan MC Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus di mana setiap satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar dengan berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket atau kuesioner dan catatan lapangan. Instrumen penelitian ini berupa instrumen angket atau kuesioner dan catatan lapangan. Teknik analisis data penelitian ini adalah teknik analisis data deskriptif kuantitatif dengan persentase. Indikator keberhasilan yang digunakan dalam penelitian ini adalah dikatakan berhasil apabila hipotesis tindakan dari penelitian ini yaitu Implementasi Model pembelajaran active learning dengan metode tutor sebaya dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar pada mata pelajaran Komputer Akuntansi MYOB. Peningkatan tersebut dapat diketahui melalui kemajuan motivasi belajar siswa yang diambil pada hasil siklus 1 dan siklus 2 dengan skor rata-rata motivasi belajar mecapai angka 75% atau lebih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Active learning dengan Tutor Sebaya dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar pada mata pelajaran Komputer Akuntansi MYOB yang dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase skor Motivasi Belajar Siswa sebesar 9,8% di mana skor sebesar 71,6% pada siklus I dan meningkat menjadi 81,4% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan penelitian ini yang berbunyi “Implementasi Model Pembelajaran Active learning dengan Tutor Sebaya dapat meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga 2 SMK Negeri 1 Karanganyar pada mata pelajaran Komputer Akuntansi MYOB” diterima.
Kata kunci: Active learning, Tutor Sebaya, Motivasi Belajar Siswa
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
A.M, Sardiman (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
A.M, Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Afida, I., Diana, E., & Agus Puspita, D.M. (2021). Merdeka Belajar dan Pendidikan Kritis Paulo Friere dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, 12(02), 45-61.
Agus Kuntoro dan Irton. (2008). Aplikasi Dasar-Dasar Komputer Akuntansi Menggunakan MYOB Accounting. Yogyakarta: Andi Offset.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Muhibbin Syah. (2010). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Pane, A., & Darwis Dasopang, M (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333.
Sudjana, Nana. (2016). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syahparuddin, & dkk. (2019). Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motivasi Belajar PKN Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Refbacks
- There are currently no refbacks.