Implementasi Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Kartu Untuk Meningkatkan Self Regulated Learning Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Siswa Kelas X AKL 2 Di SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023

Julia Aurora Etalina, Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Departemen Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self regulated learning pada mata pelajaran dasar-dasar akuntansi dan keuangan lembaga siswa kelas X AKL 2 melalui implementasi model pembelajaran index card match berbantuan media kartu di SMK Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan catatan lapangan. Instrumen yang digunakan meliputi lembar angket dan catatan lapangan. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Model Pembelajaran Index Card Match Berbantuan Media Kartu dapat meningkatkan Self Regulated Learning pada mata pelajaran Dasar-dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga siswa kelas X AKL 2 SMK Negeri 1 Bantul Tahun Ajaran 2022/2023. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya persentase skor rata-rata self regulated learning siklus I (73,94%) menjadi (83,12%) pada siklus II. Jumlah peserta didik yang memperoleh skor self regulated learning ≥75% meningkat dari siklus I sebanyak 19 peserta didik (52,78%) menjadi 32 peserta didik (88,89%) pada siklus II.

Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Index Card Match, Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Febriyanti, F., & Imami, A. I. (2021). Analisis Self-Regulated Learning dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika, 9(1), 1-10.

Friantini, R. N., & Winata, R. (2020). Disposisi Matematis dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Daring Berbantuan Google Classroom Masa Covid-19. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 53-64.

Gusnita, Melisa, & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(2), 286-296.

Jannah, N. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTS ditinjau dari Self Regulated Learning. Skripsi. Banda Aceh: Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam.

Khoerunnisa, N., Rohaeti, E. E., & Ningrum, D. S. (2021). Gambaran Self Regulated Learning Siswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pademi Covid 19. FOKUS: Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan, 4(4), 298-308.

Primastuti, A., Supriyono, & Purwaningsih, W. I. (2021). Peningkatan Self Regulated Learning dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran SDM di SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 25-32.

Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(4), 789-798.

Sari, R. F. (2018). Studi Komparasi Model Pembelajaran Index Card Match dan Model Pembelajaran Konvensional Terhadap Kemandirian Belajar Siswa SMPN 2 Ponggok Tahun Pelajaran 2017/2018. Thesis. Kediri: IAIN Kediri.

Sirait, E. D., & Apriyani, D. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Strategi Pembelajaran Aktif ICM (Index Card Match) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 5(1), 46-48.

Suciono, W. (2021). Berpikir Kreatif: (Tinjauan Melalui Kemandirian Belajar, Kemampuan Akademik dan Efikasi Diri). Indramayu: Adab.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulastri. (2020). Peningkatan Kemandirian Belajar IPA dengan Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together pada Siswa Kelas V SDN 43 Rejang Lebong. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 46-51.

Wahyuningtyas, R., & Zulherman. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Type Index Card Match Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches, 2(3), 88-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.