Peningkatan Student Engagement Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Accounting Ladder Snake Game

Arini Alfahani, Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Ani Widayati, Staf Pengajar Departemen Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Peningkatan Student Engagement Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Accounting Ladder Snake Game. Penelitian ini bertujuan untuk Meningkatan Student Engagement Pada Mata Pelajaran Akuntansi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantu Media Accounting Ladder Snake Game. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan melalui dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar angket dan catatan lapangan. Teknik Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa dengan Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament berbantu Media Accounting Ladder Snake Game dapat Meningkatkan Student Engagement. Skor rata-rata Student Engagement siklus I diperoleh rata-rata skor sebesar 71,53% lalu meningkat pada siklus II skor rata-rata sebesar 80,87% peningkatkan skor student engagement dari siklus I ke siklus II sebesar 9,34%. Jumlah siswa yang memperoleh skor Student Engagement ≥75% meningkat dari siklus I sebanyak 6 siswa (30%) menjadi 19 siswa (95%) pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 65%.

Kata kunci: Student Engagement, Model Teams Games Tournament, Accounting Ladder Snake Game.


Full Text:

PDF

References


Afifah, S. (2022). Perceived Social Support dan Teacher Behavior Sebagai Prediktor Student Engagement Pada Pembelajaran Daring Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 6(1), 32.

Dharmayana, I. W., Masrun, Kumara, A., & Wirawan, Y. G. (2012). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) sebagai Mediator Kompetensi Emosi dan Prestasi Akademik. Jurnal Psikologi, 39(1), 81-82.

Diastama, C., & Dewi, D. K. (2021). Hubungan Antara Student Engagement Dengan Motivasi Belajar Selama Pembelajaran Jarak Jauh Siswa SMA. Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 8-9.

Fajri, E., Firman, Neviyarni, & Irdamurni. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 3-4.

Fikrie, & Ariani, L. (2019). Keterlibatan Siswa (Student Engagement) Di Sekolah Sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Keberhasilan Siswa Di Sekolah. Psikologi Pendidikan, 1(1), 104.

Makarim, M. F., & Primana, L. (2023). Agentic Engagement Siswa Tinjauan Literatur Sistematik. Journal Psyche, 16(2), 62.

Mentari, W. N., & Syarifudiin, H. (2020). Improving Student Engagement by Mathematics Learning Based on Contextual Teaching and Learning. Journal of Physics: Conference Series, 2(1), 30.

Mustika, R. A., & Kusdiyati, S. (2015). Studi Deskriptif Student Engagement pada Siswa Kelas XI IPS di SMA Pasundan 1 Bandung. Prosiding Psikologi, 1(2), 249-250.

Thalita, A. R., FitriyanI, A. D., & Nuryani, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 153-154.

Umar, M. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Jurnal Pendidikan dan Pelatihan, 5(2), 145.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.