PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU, FASILITAS BELAJAR DAN LITERASI DIGITAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH

Arifin Wicaksana, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Wonosobo, 2) Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Wonosobo, 3) Pengaruh Literasi Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam Penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi dan Lembaga Keuangan SMK Negeri 1 Wonosobo sebanyak 68 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Uji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach’s Alpha. Uji prasyarat analisis yang dilakukan meliputi, uji linieritas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedasitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berpengaruh positif Keterampilan Mengajar Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Lembaga Keuangan SMK Negeri 1 Wonosobo. 2) Berpengaruh positif Fasilitas Belajar terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Lembaga Keuangan SMK Negeri 1 Wonosobo. 3) Berpengaruh positif Literasi Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Akuntansi dan Lembaga Keuangan SMK Negeri 1 Wonosobo. Semakin tinggi Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar, dan Literasi Digital maka akan semakin tinggi pula Motivasi Belajar Siswa. Sumbangan Efektif terhadap Motivasi Belajar dari variabel Keterampilan mengajar sebesar 8,69%, dan variabel Fasilitas Belajar sebesar 14,51%, dan Literasi Digital sebesar 10,20%.

Kata kunci: Motivasi Belajar, Keterampilan Mengajar Guru, Fasilitas Belajar, Literasi Digital


References


Arsana, I. K. (2019). dalam Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial, 269-282.

Fikri, M., Ananda, M. Z., Faizah, N., Rahmani, R., Elian, S. A., & Suryanda, A. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal developmentInstitut Education and Pendidikan Tapanuli Selatan, 145-148.

Hades Martua P. Purba, A. S. (2020). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 242-247.

Hasibuan, M. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Jabar, C. S. (2016). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 52 66.

Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2021). Pengaruh Literasi Digital Guru dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 718-734.

Maunah, B. (2009). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Teras.

Muhaemin. (2013). Urgensi Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Adabiyah Vol. XIII, 47-54.

N D Handayani, M. A. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Otkp SMK Nasional Bandung. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 394 401.

Nunik Dwi Handayani, M. A. (2021). Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Otkp SMK Nasional Bandung. 75 Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 394-401.

Rasto. (2015). Pembelajaran Pengembangan Mengajar Guru Bandung: Alfabeta. Mikro Keterampilan Profesional.

Reski, A. (2018). Pengaruh Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Fisika Mahasiswa. Musamus Journal Science Education, 01-08.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.