PENGARUH MINAT BELAJAR, KEMANDIRIAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XII DI SMK YPKK 2 SLEMAN TAHUN AJARAN 2022/2023

Ahmad Adbi Adabi, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XII Di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Minat Belajar, Kemandirian Belajar, dan Perhatian Orang Tua secara sendiri-sendiri terhadap terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Keuangan Kelas XII di SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto karena hanya mengungkapkan data peristiwa yang sudah berlangsung dan telah ada pada responden tanpa memberikan perlakuan atau manipulasi terhadap variabel yang diteliti dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas XII Akuntansi 2 dan 4 Jurusan Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman sebanyak 52 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah 1) Minat Belajar berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx₁y = 0,882 dan r²x1y = 0,676; 2) Kemandirian Belajar berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,579 dan r²x2y = 0,335; 3) Perhatian Orang Tua tidak berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan.

Kata kunci: Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Akuntansi Keuangan


References


A.M, Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ahmadi, Abu, & Widodo, Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali dan Asrori. 2005. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : Pt Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Bumi Aksara

Aswan , Zain, Bahri syamsul, Djamarah .(2006), Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Penerbit PT. Rineka Cipta

Aswan Zain & Syaiful Bahri Djamarah. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.

Baharudin. (2009). Psikologi Pendidikan. Ar-ruz Media

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peseerta didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya offset.

Dimyati dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djamarah, S.B. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahr, dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : PT Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Endriani, A. (2016). Hubungan Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas VIII SMPN 6 Praya Timur Lombok Tengah Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Realita, 1, 104–116

Hadi, S. (2004). Analisis Regresi. Andi Offside.

Hamzah B. Uno, (2017) TEORI MOTIVASI DAN PENGUKURANNYA (Analisis di bidang pendidikan). Jakarta: Bumi Aksara

Haris Mudjiman. (2007). Belajar Mandiri (Self-Motivated Learning). Surakarta:LPPUNS dan UNS Press.

Haris Mudjiman.(2011). Manajemen Pelatihan Berbasis Belajar Mandiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar. (2009). Psikologi Pendidikan (Sebuah Orientasi Baru). Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Kristiani Natalia Dalima, I Komang Winatha, dan Tedi Rusman. (2021). Pengaruh Pemanfaatan E-Learning, Kemandirian Belajar, Sarana Pembelajaran Online, Dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Ekonomi Peserta Didik Kelas X IPS SMA Negeri 1 Padang Cermin Tahun Pelajaran 2020/2021. JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan)Vol. 5, No. 2 Desember 2021, Hal. 245 – 257

Makmun Khairani, 2017.Psikologi Belajar. Yogyakarta: PT Aswaja Pressindo.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Mitra Cendekia

Nia Triansari dan Ani Widayati. (2019). Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya, Kinerja Mengajar Guru, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Motivasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol XVII, No.2 2019, Hal 101-116

Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Siregar, Evelin dan Hartini Nara. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PTRineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih, 2004, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suprijanto. (2007). Pendidikan Orang Dewasa. Jakarta: Bumi Aksara

Suryabrata, S. (2015). Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada

Tirtarahardja, Umar, S.L. La Sulo. (2005). Pengantar Pendidikan, Jakarta. Rineka Cipta.

Undang-Undang Repulbik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Yamin, Martinis. 2008. Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.

Youlinda Loviyani Putrid dan Achmad Rifai. (2019). Pengaruh Sikap dan Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C SKB Jepara. Universitas Negeri Semarang

Yunanda Wisma Nuratri. (2016). Pengaruh Minat Belajar, Lingkungan Teman Sebaya, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di SMA Negeri 1 Minggir. Universitas Negeri Yogyakarta

Yuni Wijayanti. (2013). Pengaruh Minat Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Universitas Negeri Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.