PENGARUH SELF EFFICACY DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI UNY ANGKATAN 2019

Rifka Rofiatur Rohmah, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Adeng Pustikaningsih, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Abstrak: Pengaruh Self Efficacy dan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh Self Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019; 2) pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan merupakan penelitian ex post-facto dengan jenis penelitian kausal komparatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan 65 mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019 sebagai responden. Uji prasyarat analisis yang digunakan meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Self Efficacy terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019 yang ditunjukkan dengan nilai thitung 4,697 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,000 dan sig. thitung (0,000) < 0,05. Nilai koefisien determinasi (r2x1y) yang diperoleh sebesar 0,2621 (26,21%); 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Menjadi Guru pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi UNY Angkatan 2019 yang ditunjukkan dengan nilai thitung 2,277 lebih besar dari ttabel yaitu sebesar 2,000 dan sig. thitung (0,027) < 0,05. Nilai koefisien determinasi (r2x2y) yang diperoleh sebesar 0,0557 (5,57%).

Kata kunci: Self Efficacy, Lingkungan Keluarga, Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru


Full Text:

PDF

References


Agusti, I. S., & Ramadhani, H. (2020). Pengaruh Efikasi Diri dan Prestasi Akademik Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Mahasiswa Stambuk 2016 Pendidikan Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. NIAGAWAN, 9(1), 65–72.

Agustin, B. (2018). Pengaruh self efficacy terhadap kesiapan kerja pada mahasiswa akhir di Universitas Muhammadiyah Gresik. Universitas Muhammadiyah Gresik.

Ahmadi, A. (2016). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Coetzee, M., & Oosthuizen, R. M. (2013). Examining the mediating effect of opendistance learning students’ study engagement in relation to their life orientation and self efficacy. Journal of Psychology in Africa, 23(2), 235–242.

Creswell, J. W. (2015). Research Design, Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed (Edisi Keti). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fauziyah, K. N., & Widiyanto. (2019). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar, dan Motivasi Mahasiswa terhadap Kesiapan Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 620–634.

Ghufron, M. N. (2011). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghufron, M. N., & R. R. Suminta. (2014). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ghufron, M. N., & R. R. Suminta. (2017). Teori-Teori Psikologi (Cetakan 11). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hapsari, P. R. N. (2017). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Self Efficacy Terhadap Kesiapan Menjadi Guru Melalui Minat sebagai Variabel Intervening pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2013 FE UNNES. Universitas Negeri Semarang.

Hasbullah. (2011). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Hayun, M. (2015). Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Motivasi Menjadi Guru pada Mahasiswa PGSD UMJ. Jurnal Teknodik, 19(1), 57–68.

Ihsan, F. (2008). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ihsan, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Pada Siswa SMK Negeri 1 Sinjai. Jurnal Pendidikan, 6(2), 105.

Knight, P., & Yorke, M. (2004). Learning, Curriculum and Employability in Higher Education. London: Routledge Falmer.

Laili, R. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Literasi Ekonomi Terhadap Kesiapan Menjadi Guru. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI, MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 5(2), 95–102.

Luthans, F. (2006). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: ANDI.

M. Dalyono. (2007). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryam, S. (2015). Self Efficacy Anak Didik Pemasyarakatan di Lapas Anak Kelas IIA Blitar. UIN Maulana Malik Ibrahim.

Mujahidah, M., & Yusuf, M. (2019). Perguruan Tinggi Sebagai Producing Institution. Parepare: Dirah.

Nasution, M. A. (2021). Hubungan antara Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja pada Siswa Kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan Kehutanan Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Nurhadiyanti, S. (2014). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Piyungan Tahun Ajaran 2013/2014. Universitas Negeri Yogyakarta.

Presiden RI. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (2005). Indonesia.

Presiden RI. Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru (2008).

Puspitasari, W., & Asrori. (2019). Pengaruh Persepsi Profesi Guru dan Keefektifan Praktik Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Menjadi Guru dengan Efikasi Diri Sebagai Variabel Intervening. Economic Education Analysis Journal, 8(3), 1061–1078.

Raeni, & Purnami, R. Y. (2013). Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Berbasis SAK IFRS dan Self efficacy Terhadap Kesiapan Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dinamika Pendidikan, 7(3), 38–44.

Saputri, S. N. E. (2020). Pengaruh Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Sarjana Fresh Graduate. Universitas Muhammadiyah Malang.

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories: An Educational Perspective (6th ed.). Boston: Pearson.

Septiani, D. H., & Widiyanto. (2021). Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan, Lingkungan Keluarga, dan Kesejahteraan terhadap Kesiapan menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 10(1), 130–144.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Utami, Y., & Hudaniah. (2013). Self Efficacy dengan Kesiapan Kerja Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40–52.

Wahyuni, D., & Setiyani, R. (2018). Pengaruh Persepsi Profesi Guru, Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Terhadap Minat Menjadi Guru. Economic Education Analysis Journal, 6(3), 669–683.

Yanto, A. F. (2006). Ketidakpastian Memasuki Dunia Kerja Karena Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuniasari, T., & Djazari, M. (2017). Pengaruh Minat Menjadi Guru, Lingungan Keluarga, dan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap


Refbacks

  • There are currently no refbacks.