Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi

andita septianing wahdani, Pendidikan Akuntansi, UNY, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (2) Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan; (3) Pengaruh Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa secara simultan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Objek penelitian adalah siswa kelas XI Akuntansi Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2021/2022 dengan jumlah 108 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi ( y) sebesar 0,683. (2) Terdapat pengaruh positif antara Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi ( y) sebesar 0,795. (3) Terdapat pengaruh positif Lingkungan Teman Sebaya dan Motivasi Belajar Siswa secara simultan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi ( ) sebesar 0,523; koefisien determinasi (  sebesar 0,273.


Full Text:

PDF

References


Ahmad, J. (2018). Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). Jurnal Sekolah Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah.

Ahmadi, A. (2016). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arifin, Z. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2021). Dasar- Dasar Evaluasi Pendidikan edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewi, E. K. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Akuntansi SMK YAPEMDA 1 Sleman Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Donald E. Kieso, J. J. (2002). Akuntansi Intermediate, Edisi Sepuluh. Jakarta: Erlangga.

Ghozali, I. (2016). Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23: Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hadi, S. (2015). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Haq, A. (2018). Motivasi Belajar Dalam Meraih Prestasi. Vicratina Journal, 193-214.

Hasbullah. (2012). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Islamuddin, H. (2012). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Nabillah, Tasya. (2020). Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. 663.

Khodijah, N. (2017). Psikologi Pendidikan (cetakan ke-4). Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Kieso, D. (2008). Akuntansi Intermediate. Jakarta: Erlangga.

Kneller, G. (1971). Foundation of Educatoin. United State of America: John Wiley & Sons, Inc.

L. N., Y., Syamsu, & Sugandhi, N. M. (2016). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Marina, A., Wahjono, S. I., Syaban, M., & Suarni, A. (2017). Sistem Informasi Akuntansi Teori dan Praktikal. Surabaya: UMSurabaya Publishing.

Meldianus, S., & Elhami. (2018). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 31–42.

Naim, Z. A. (2019). The Effect Of Learning Creativity, Student Perception Of Teachers’ Teaching Methods, And Peer Environment Towards Achievement Of Basic Accounting Student In Class X Accounting And Financial Institutions SMK N 1 Pengasih Academic Year 2018/2019. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. Vol. XVII, No. 1, Hal: 127-144.

Olga, N. (2014). Psikologi Pendidikan 1. Jakarta: Erlangga.

Perdirjen. (2018). Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK).

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. PANDAWA, 2(2), 278-288.

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sardiman, A. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Grafindo Persada.

Sari, E. H. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI Program Keahlian Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Klaten Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi.

Schunk, D. H. (2021). Learning Theories an Educational Perpective (8thEd). Boston: Pearson Educational, Inc.

Setiani, A., & Priansa, D. J. (2015). Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Slameto. (2013). Belajar & Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugihartono, Fathiyah, K. N., F. H., Setiawati, F. A., & Nurhayati, S. R. (2013). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suhadimanto, A. (2012). Akuntansi. Jakarta: Yudhistira.

Sukardi. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Sulistyorini, M. F. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Syah, M. (2017). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tambunan. (2015). Jenis Motivasi belajar. Jakarta: Gaung Persada.

Tirtiana, C. P. (2013). Pengaruh Kreativitas Belajar dan Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar di SMK Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2012/2013. Economic Education Analysis Journal 2.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wagiran. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Winaryo, K. (2017). Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya terhadap Perilaku Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Rembang Purbalingga. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.

Y. Syamsu & Nani, S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.