FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING AKUNTANSI KEUANGAN KELAS XII AKL SMK YPKK 1 SLEMAN TAHUN AJARAN 2020/2021

Siti Nur’aini, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Amanita Novi Yushita, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Faktor-Faktor yang Memengaruhi Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan Kelas XII AKL SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Motivasi Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan, 2) Minat Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan, 3) Fasilitas Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan, 4) Lingkungan Keluarga terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan, 5) Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK YPKK 1 Sleman yang berjumlah 28 siswa. Data dikumpulkan dengan metode angket melalui media Google Form. Hipotesis diuji dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif Motivasi Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,714; 2) Terdapat pengaruh yang positif Minat Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,703; 3) Terdapat pengaruh yang positif Fasilitas Belajar terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,423; 4) Terdapat pengaruh yang positif Lingkungan Keluarga terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,698; 5) Terdapat pengaruh yang positif Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring Akuntansi Keuangan dengan koefisien korelasi sebesar 0,326.

Kata kunci: Aktivitas Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring, Motivasi, Minat, Fasilitas, Keluarga, Persepsi Siswa tentang Metode Mengajar Guru


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.