PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS STEM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN COMPLEX PROBLEM SOLVING SISWA
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM untuk Meningkatkan Keterampilan Complex Problem Solving Siswa. Penelitian ini bertujuan: 1) mengembangkan E-LKPD berbasis STEM; 2) mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis STEM; 3) mengetahui respon siswa terhadap E-LKPD berbasis STEM; dan 4) mengetahui peningkatan keterampilan CPS siswa. Penelitian ini dilakukan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE yakni analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Pada tahap analyze dilakukan analisis kurikulum dan materi pembelajaran, analisis permasalahan pembelajaran, dan analisis kebutuhan E-LKPD. Pada tahap design dilakukan pembuatan draft materi dan layout. Pada tahap development dilakukan validasi ahli sebelum diujicobakan pada tahap implementation. Pada tahap evaluation dilakukan analisis peningkatan CPS. Berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan guru diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 4,4 (sangat layak). Berdasarkan respon siswa diperoleh skor rata-rata keseluruhan aspek sebesar 4,7 (sangat layak). Pengukuran CPS dilakukan dengan pretest dan posttest. Hasil menunjukkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan E-LKPD mengalami peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest sebesar 42,64 dengan N-gain 0,75. Sedangkan pada kelas kontrol hanya menunjukkan peningkatan sebesar 8,78 dengan N-gain 0,20.
Kata kunci: Complex Problem Solving, E-LKPD, STEM
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.