PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TOWER OF MIND (BERBASIS PERMAINAN UNO STACKO) PADA MATERI PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

Satrio Priyambodo, Prodi Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Rizqi Ilyasa Aghni, Staf Pengajar Jurusan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan media pembelajaran aplikasi Tower of Mind berbasis permainan Uno Stacko pada materi persamaan dasar akuntansi; mengetahui kelayakan media pembelajaran aplikasi Tower of Mind berbasis permainan Uno Stacko berdasarkan penilaian dari ahli media, ahli materi dan praktisi pembelajaran serta pengguna media pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Validasi media dilakukan oleh Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran Akuntansi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 34 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media pembelajaran aplikasi Tower of Mind berbasis permainan Uno Stacko berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh persentase kelayakan 82,8% yang termasuk dalam kategori layak. 2) Ahli Media diperoleh persentase kelayakan 95,8% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 3) Praktisi Pembelajaran Akuntansi diperoleh persentase kelayakan 94,8% yang termasuk dalam kategori sangat layak. 4) Penilaian responden diperoleh persentase kelayakan 81,4% yang termasuk dalam kategori layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Pembelajaran aplikasi Tower of Mind berbasis permainan Uno Stacko yang dikembangkan ini dapat digunakan sebagai media pembelajaran akuntansi.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Android, Tower of Mind, Uno Stacko, 4D


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.