PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19

Rifda Fathiya Shalihah, Pendidikan Akuntansi), Universitas Negeri Yogyakarta
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajan Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 2) Pengaruh Kesempatan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 3) Pengaruh Rasionalisasi Berbuat Kecurangan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 4) Pengaruh Kemampuan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; (5) Pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, dan Kemampuan Berbuat Curang secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2019 dan 2020 sejumlah 147 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,250, r2=0,063 dan nilai thitung > ttabel (2,661>1,983); (2) terdapat pengaruh yang signifikan Kesempatan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,242, r2=0,058 dan nilai thitung >ttabel (2,565>1,983); (3) terdapat pengaruh yang signifikan Rasionalisasi Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,284, r2=0,080 dan nilai thitung > ttabel (3,045>1,983; (4) terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,429, r2=0,184 dan nilai thitung > ttabel (4,890>1,983), (5) terdapat pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, dan Kemampuan Berbuat Curang secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 yang ditunjukkan dengan nilai R=0,452, R2=0,204, Adjusted R2=0,173 dan Fhitung>Ftabel (6,604>2,46).

Kata kunci: Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, Kemampuan Berbuat Curang, Perilaku Kecuarangan Akademik Mahasiswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.