PENGARUH DIMENSI FRAUD DIAMOND TERHADAP PERILAKU KECURANGAN AKADEMIK MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19
Diana Rahmawati, Staf Pengajar Jurursan P. Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajan Online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 2) Pengaruh Kesempatan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 3) Pengaruh Rasionalisasi Berbuat Kecurangan terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; 4) Pengaruh Kemampuan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19; (5) Pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, dan Kemampuan Berbuat Curang secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2019 dan 2020 sejumlah 147 mahasiswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,250, r2=0,063 dan nilai thitung > ttabel (2,661>1,983); (2) terdapat pengaruh yang signifikan Kesempatan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,242, r2=0,058 dan nilai thitung >ttabel (2,565>1,983); (3) terdapat pengaruh yang signifikan Rasionalisasi Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,284, r2=0,080 dan nilai thitung > ttabel (3,045>1,983; (4) terdapat pengaruh yang signifikan Kemampuan Berbuat Curang terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan r=0,429, r2=0,184 dan nilai thitung > ttabel (4,890>1,983), (5) terdapat pengaruh yang signifikan Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, dan Kemampuan Berbuat Curang secara bersama-sama terhadap Perilaku Kecurangan Akademik dalam Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 yang ditunjukkan dengan nilai R=0,452, R2=0,204, Adjusted R2=0,173 dan Fhitung>Ftabel (6,604>2,46).
Kata kunci: Tekanan Akademik, Kesempatan Berbuat Curang, Rasionalisasi Berbuat Curang, Kemampuan Berbuat Curang, Perilaku Kecuarangan Akademik Mahasiswa
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.