PENGARUH PEMBELAJARAN DARING, FASILITAS BELAJAR DI RUMAH, DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR KOMPUTER AKUNTANSI PADA MASA PANDEMI COVID-19

Nurul Istiningrum, Pendidikan Akuntansi, Universitas Negeri Yogyakarta
Dhyah Setyorini, Staf Pengajar Jurursan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Pengaruh Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar di Rumah, dan Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi pada Masa Pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi; 2) Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi; 3) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post-facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 sebanyak 143 siswa. Pengumpulan data menggunakan metode angket. Uji prasyarat analisis meliputi uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Daring berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx₁y = 0,278 dan r²x1y = 0,083; 2) Fasilitas Belajar di Rumah berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi yang ditunjukkan dengan nilai rx2y = 0,229 dan r²x2y = 0,066; 3) Perhatian Orang Tua tidak berpengaruh positif terhadap Motivasi Belajar Komputer Akuntansi.

Kata kunci: Pembelajaran Daring, Fasilitas Belajar di Rumah, Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar Komputer Akuntansi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


.