PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT PADA MATERI REKONSILIASI BANK UNTUK SISWA KELAS XI AKUNTANSI DAN KEUANGAN LEMBAGA

Yosta Finabella Amarawati, Accounting Education Study Program Yogyakarta State University

Abstract


Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Rekonsiliasi Bank untuk Siswa Kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengadaptasi model pengembangan four-D (Define, Design, Develop, Disseminate). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis PowerPoint pada Materi Rekonsiliasi Bank untuk siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta, mengetahui kelayakan media yang dikembangakan, dan mengetahui tanggapan siswa terhadap media. Validasi media dilakukan oleh Ahli Materi, Ahli Media, dan Praktisi Pembelajaran yaitu guru akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penilaian siswa terhadap media dilakukan oleh 25 siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint berdasarkan penilaian ahli media memperoleh skor 4,20 dengan kategori Layak, penilaian ahli materi memperoleh skor 4,00 dengan kategori Layak, penilaian praktisi pembelajaran memperoleh skor 4,72 dengan kategori Sangat Layak, dan pendapat siswa memperoleh skor 4,27 dengan kategori Sangat Layak.

Kata kunci: PowerPoint, Media Pembelajaran Interaktif, Akuntansi.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.